Kisah Sedih Skripsi

Setelah melalui beberapa rintangan yang begitu dahsyat mungkin diantara temen-temen yang sudah sering mengalami nya namun ini lebih sulit dari yang di bayangkan, tapi saya tetap beraharap selalu diberkahi oleh yang maha kuasa atas perjalanku yang telah di berikan untuk hidup di bumi ini sementera.

ketika aku masih disemester 7, saat itu aku masih di bangku kuliah yang masih berhutang dengan 1 rintangan akhir yang saya dapatkan dan sangat serius untuk diselesaikan yaitu SKRIPSI atau sering dikenal dengan Undergraduate Thesis. Peranan saya akan hal ini sungguh sangat menyakitkan pernah berfikir bahwa aku akan gagal untuk bisa melakukan ini tetapi jiwaku tidak , hanya pemikiran saja yang terlintas didalam kepala. kuliahpun dimulai pada semester 7 ,aku telah berfikir bahwa ini adalah tugas yang paling berat  yang dirasakan oleh setiap mahasiswa yang akan melepaskan jabatannya yang disebut sebagai MAHASISWA tetapi memang bangga ketika kita sudah selesai dalam mengerjakan hal tersebut.

bagiku tugas tersebut sungguh sangat begitu menantang dan tetap pada pendirian akan dapat melakukan dan menuntaskan tugas tersebut dalam waktu yang kurang dari 6 bulan. targetku memang tercapai dan dapat disimpulkan bahwa setiap mahasiswa pasti akan berhasil jika dia berusaha dan terus berusaha terakhir di tutupi dengan sebuah tawakal dan berdoa.

kisah yang aku alami begitu sakit hingga dikala malam tiba aku tidak tau pada siapa akan aku tanya ketika tugas akhirku macet dan tidak bisa dijalan maksudnya program nya mandet(kalau kata orang jawa). Tapi aku sudah hamper 3,5 bulan di pulau jawa namun kosa kata untuk berbicara bahasa jawa masih terasan tanggung hingga sampai saat ini masih belepotan jika berbicara bahasa jawa tapi tidak apa-apa nama saja kita seorang perantau memangsih kalau kita menduduki sebuah wilayah harusnya bias berbahasa wilayah tersebut.lanjut lagi …

di awal – awal perkuliah semester 7 aku telah mengajukan proposal Tugas Akhir dan langsung di respon untuk naik seminar proposal, memang ini sangat mengejutkan dan mungkin mustahil tapi menurutku biasa saja. Karena aku menganggap ini sebuah percobaan namun bisa jadi gagal dalam proses pengajuan. Tapi seiring dengan waktu yang berjalan tuhan mengabul doa tahap pertama yaitu judul skripsi sudah masuk dan siap untuk di lanjutkan untuk tahap keselanjutnya.

setalah  seminar judul  Proposal Skripsi selesai saat nya tahap untuk pembuatan analisa nahh disini mulai terasa agak sedikit berat karena setiap penelitian yang dibuat harus didasari dengan analisa permasalahan yang bagus dan tentunya bermamfaat bagi pengguna. Karena saya berasala dari konsentrasi jaringan akhir nya diarahakan untuk pengamanan data pada jaringan ..

setalah dianalisa, terdapat kesimpulan bahwa dalam dunia komunikasi jaringan yang ada pada internet belum begitu sempurna pada bagian keamanan data yang ditransmisikan melalui internet sehingga dari sinilah muncul sebuah analisa bagaimana membuat sebuah keamanan data yang menggunakan media internet ..

hari berganti malam setiap saat tak pernah luput untuk berdoa kepada sang pencipta agar dimudahkah dalam segala bentuk urusan yang akan saya lalui. Setelah semua analisa saya tulis dalam  sebuah laporan langsung saya hubungi dosen pembimbing SKRIPSI agar dapat di analisa kembali hasil dari penulisa laporan yang saya buat,, namun dikala saya memhubungi dosen pasti harus berjanji ketemu diman jam berapa dan dimana ?. saya ikuti semua prosedur yang diberikan oleh akademik sehingga saya berjanji dengan dosen pengampu saya yaitu bapak HARUNO SAJATI S.T, M.Eng yang sudah mendapat gelar M.Eng Megister Enggineering, dosen inilah yang selalu menamani saya jika ada masalah dalam tahap analisa dan saya akui bahwa bimbinga dengan dosen tersebut luar biasa banyak sekali kelebihan beliau dalam membimbing saya dan beliau  sangat banyak membantu permasalahan – permasalahan yang saya temui ketika bimbingan.

Setelah saya melewati bimbingan pertama saya mulai mengerti kemana arah dan bagaimana tugas ini dapat diselesaikan, yang paling senang jika saya bimbingan dengan sebut saja Bpk Jati adalah beliau selalu mencoba membantu jika mahasiswa mempunyai permasalahan baik dari segi teknik maupun coding program tapi karena program yang akan saya bangun menggunkan JAVA bpk Jati belum mampu menguasa JAVA sepenuh nya sehingga saya hanya mendapatkan ilmu teori nya saja berserta gambaran program yang akan saya bangun untuk ketahap selanjutnya.

Bulan berganti bulan, tahap analisa pun terlewati lanjut ketahap selanjut implementasi pada bab ini adalah membuat program dan mengimplementasikan hasil dari program tersebut, hari demi hari saya lewati bersama LAPTOP ACER dan tidak pernah sedikitpun  untuk berfikir membuat otak menjadi Refresh kembali sehingga kadang terasa jenuh dalam membuat program kadang – kadang pun saya sempat meneteskan air mata ketika membuat program menggunakan bahasa pemograman Complate Yaitu JAVA,

Kadang – kadang juga terfikir bahwa aku harus mengadu pada pakar JAVA , salah satu yang saya kenal yaitu GURU SAYA MR.Saiful Bahri beliaulah yang mengajari saya untuk permulaan dalam menuntut ilmu pemograman JAVA di awal semester perkuliahan. Tapi sangat disayangkan kerena ketika aku meminta bantuan beliau mengatakan “ SKRIPSI BUAT SENDIRI TIDAK ADA YANG BISA MEMBANTU KECUALI DIRIMU SENDIRI” mendengar perkataan seperti itu hati dan fikiran mulai down sangat terjatuh hingga dapat meneteskan air mata hingga beberapa menit ..

Beranjak dari perkataan beliau dengan hati yang terasa sakit dan bisa dikatakan sungguh sangat menyakitkan dikala saat tersebut, walaupun hal tersebut diutarakan tapi semangatku untuk berjuang tetap masih ada  walaupun mungkin hanya tinggal 1% di dalam tubuh ini.

Selepas dari keadaan tersebut saya langsung mengambil wuduk dan sholat tahajjud meminta kepada ALLAH agar dipermudahkan oleh ALLAH untuk meneruskan SKRIPSI ini. Setelah keadaan tersebut terlewati Nampak nya ALLAH mendengar DOA hamba, pemikiran dan ide- ide terhadap program yang akan saya buat mulai tumbuh sehingga program SKRIPSI menjadi sebuah rangkain yang lengkap layak dikatakan sebuah aplikasi.

Ketika program selesai saya langsung berjanji kembali dengan dosen yaitu Bapak JATI beliau mengatakan jika program ini sudah berjalan dengan lancar segerakan saja kita tes percobaan apakah program ini dapat berjalan dengan sukses dan sesuai dengan hasil yang takin rencanakan dari awal hingga akhir.?

Masa percobaanpun terlewati dan bapak jati mengatakan program sudah sukses segeralah selesaikan laporan dalam waktu 1 minggu ini, akhir nya laporan selesai dan lansung pengajuan SIDANG SKRIPSI untuk yang pertama kali saya membuat sebuah slide presentasi yang dibantu oleh slide presentasi Kakak Tingkat yang sudah selesai dari sana saya belajar bagaimana cara mengatur slide presentasi dan paham akan penjelasan yang akan diterangkan.

Pada tanggal 5 maret 2014 saya mengikuti siding skripsi, sebelum saya mengikuti siding terlebih dahulu saya sholat dzuha 2 roka’at agar di permudah oleh ALLAH untuk menghadapi sidang tersebut😀 , tepat pada jam 09:00 sidang dimulai saya didadar hingga pukul 11:30  mungkin jika ruangan tidak ber AC bakalan menjadi Telor dadar beneran hal tersebut tidak terjadi karena ruangannya ada AC. :D  hehehe ,

ada beberapa pertanyaan yang di ajukan oleh dosen penguji 1 yaitu Bapak Anton Setiawan yang merupaka dosen terkenal kejam nya jika dalam hal pemberian nilai tapi Alhamdulillah semua pertanyaan beliau dapat di jawab dengan lancar dan patut di cermati dan diperbaiki atas saran yang diberikan kepada saya selanjutnya pertanyaan yang diajukan oleh dosen penguji 2 yaitu Bapak Hero Wintolo beliau merupakan dosen terkenal cukup baik juga dan sering humor jika mengikuti perkulihan beliau dan humor tersebut pasti mengarah kepada “Seorang Wanita Yang Cantik dan Manis”

becanda ama dosen gak apa-apa yang penting tidak kelewatan heheh😀 beliau merupakan KETUA Jurasan Teknik Informatika yang memlikai wewenang tertinggi terhadap mahasiswa khusus nya pada jurusan Teknik Informatika. Beliau tidak banyak bertanya karena mungkin sibuk dengan tugas diluar sehingga beliau menyampaikan 1 pertanyaan yaitu buatlah sebuah program kalkulator dan hasil dari perhitungan tersebut kirimkan kepada computer yang lain ?

waw juga pertanyaan langsung pada LEVEL Coding program, pertanyaan tersebut langsung saya respon dengan membut sebuah program yang sesuai dengan keinginan beliau semula mungkin beliau sudah paham dan mengerti atas kemampuan yang miliki terhadap pemograman namun pada saat itu saya masih bingung mungkin juga karena grogi dan bergetar seakan-akan tidak terburu waktu untuk menyelasaikan pertanyaan beliau. Tahap pertama yang saya buat program nya Error karena salah menempatkan proses perhitungan dan pengirman hasil perhitungan sehingga rubah kembali menuju yang bener memunculkan hasil yang sesuai dengan pertanyaan beliau.

Setelah 2 dosen bertanya, dilanjutkan dengan ketua penguju Yatiu ibuk Yuliani indrian ningsih beliau bertanya lebih kepada segi penulisan karena penulisan yang masih ambur adur yang tidak tata dengan rapi sehingga saya juga merasa malu atas penulisa yang saya tulis mungkin untuk yang pertama kali nya tidak sesuai dengan format karya ilmiah tapi setelah semu itu dilalui ketu penguji mengatakan “ SELAMAT KEPADA MUTTAQIN YANG TELAH LULUS DENGAN PUJIAN CUMLAUDE dan IPK 3,56 ”

Masya Allah sungguh Allah maha kuasa dengan segala qudrah dan iradah nya yang selalu tercurahkan kepada setiap hamba nya yang selalu berdoa dan tawakal kepada nya ..

Demikianlah Cerita Singkat SKRIPSI yang saya lalui dari hal yang paling pahit inging menikmati hasil karya sendiri akhir kata yang ingin saya ucapakan

“ TIDAK ADA MANUSIA YANG HIDUP  TANPA MELALUI SEBUAH PROSES DAN WALAUPUN ADA ITU JARANG DI TEMUKAN”

“HIDUP ADALAH PERJUANGAN DAN ITU MUTLAK YANG MELEKAT PADA SETIAP INSAN MANUSIA”

Diterbitkan oleh

Taken

i need somebody for help me to make anything what i need

3 tanggapan untuk “Kisah Sedih Skripsi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s